Touring Motor di Masa Pandemi Dapat Saja, Perhatikan Hal-hal Ini

Eric Lee

VIVA   – Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh komunitas sepeda motor, adalah  touring  ke luar tanah air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melepas penat, sembari menikmati semilir angin ketika berada pada atas kendaraan.

Kurang bulan lalu, kegiatan naik mesin bareng menuju tempat wisata ditiadakan akibat wabah COVID-19. Meski saat ini virus tersebut masih ada, tetapi penyebarannya di daerah menunjukkan angka penurunan.

Akses keluar-masuk wilayah juga sudah mulai ditiadakan, sehingga wisatawan dari luar kota bisa datang ke kota asing tanpa harus membawa dokumen kesehatan.

Biar demikian, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor, Yohannes Lucky menyatakan bahwa setiap pengendara yang ikut  touring   harus membiasakan diri dengan cara baru berkendara di masa  new normal . Seperti mengenakan  masker , dan memutuskan helm yang dibekali dengan  visor .

“Cek tempat yang dituju, apakah meresap dalam zona merah atau tak. Kemudian, pastikan tubuh dalam status sehat. Kemudian, pilih rute yang tidak padat, ” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip  VIVA Otomotif  Jumat 7 Agustus 2020.

Lucky juga mengingatkan pengendara, agar membawa perlengkapan  riding   milik sendiri dan tidak meminjam dari orang lain. Kebersihan perlengkapan seperti sarung tangan, sepatu dan alat pelindung juga harus diperhatikan.

Satu hal lagi yang wajib dikuasai, yakni perdata akan kehadiran pengendara pemula. Pokok, mereka bisa melakukan gerakan dengan bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, terutama saat kaget berpapasan dengan rombongan  touring .

“Jaga jarak dengan pengendara pemula, ciri-cirinya bisa terlihat dibanding gaya berkendara mereka. Jika punya interkom, bisa dimanfaatkan untuk merendahkan komunikasi antar peserta touring , ” tuturnya.

Baca juga:   SUV Bongsor Segera Hadir, Fortuner dan Pajero Perlu Waspada