Tipuan Pemakai Motor 2-Tak, Pasang Selang di Ujung Knalpot

Eric Lee

VIVA   –Meski performanya dikenal lebih buas, motor 2-tak kerap dianggap tak nyaman sebab memiliki knalpot yang menghasilkan bahana bising, serta asap putih mengepul. Hal ini bukan hanya mengusik pengguna jalan lain, tetapi serupa merepotkan pemiliknya.

Ketika mesinnya menyala, dari knalpot bakal terus asap akan yang mewujudkan perih mata dan membuat indra sesak. Hal ini terjadi, karena motor 2-tak memakai oli tepi untuk pelumasan jeroan mesin seolah-olah komponen piston, ring piston, kruk as, serta bearing kruk as.  

Sementara pelumas mesin di motor 2-tak, diketahui hanya untuk melicinkan rasio transmisi dan sistem koplingnya saja. Maka, oli samping akan ikut melalak di ruang bakar ketika pesawat bekerja, dan menghasilkan asap yang ikut keluar melalui jalur udara buang.  

Kondisi ini, ternyata mewujudkan repot pemilik motor 2-tak era ingin memanaskan sepeda motornya. Makin, untuk mereka yang malas melahirkan Kuda Besi tersebut ketika hendak menyalakan mesinnya.

Itu seperti video yang dilansir VIVA Otomotif dari akun Instagram @agoez_bandz4, Rabu 11 November 2020. Rekaman tulisan memperlihatkan motor Kawasaki Ninja 2-tak yang mesinnya dinyalakan di pada rumah.

Tak ikhtiar, pemilik sepeda motor merek Jepang itu memasang selang di ujung knalpotnya. Tujuannya, untuk mengalirkan gas buang hingga ke luar rumah. Video memperlihatkan sedang karet itu dipasang melewati kesempatan, hingga ke teras rumah, agar asapnya tak memenuhi ruangan.

Akal-akalan pemilik motor 2-tak ketika memanaskan mesin itu, menanggung beragam komentar dari warga pemilik akun Instagram. Ada Netizen dengan memuji kreativitas tersebut, hingga mempertanyakan kekuatan selang yang mengalirkan asap dari knalpotnya.

“Lebih males lagi menggulung selangnya belakang. Lagian, apa selang gak meleleh tuh kena panas dari knalpot, ” komentar salah seorang Warganet. “Mending pakai knalpot pabrik, asapnya langsung ke atas langit, ” tulis Warganet di unggahan itu. “Boleh juga idenya, ” tutur Warganet via kolom komentar di Instagram.

Baca pula: Orang Seperti Ini yang Maka Target Pembeli Kia Sonet.