Tersedia Corona, Segini Pengiriman Mobil Suzuki Buatan RI ke Luar Jati

Eric Lee

VIVA   –  Meski kondisi pandemi COVID-19 belum seutuhnya berakhir, masyarakat pada Tanah Air telah bisa balik melakukan berbagai rutinitasnya. Hal itu juga berdampak pada dibukanya kembali operasional pabrik mobil-mobil di Indonesia, salah satunya PT Suzuki Indomobil Motor.

Meski tahu menghentikan sementara aktivitasnya beberapa zaman lalu, kini pabrikan untuk membikin kendaraan Suzuki itu kembali hidup. Tak hanya itu, proses ekspor yang sempat tertunda pun bisa kembali dijalankan.

Assistant Dept. Head Production Planning Control PT Suzuki Indomobil Motor, Aris Yulianto mengatakan, peningkatan ekspor itu membangun optimisme untuk beroperasi penuh usai menghentikan sementara kegiatan kilang.

“Saat ini pasar internasional dalam kala pemulihan, dan untuk memenuhi permintaan ekspor, secara bertahap kami kembali berproduksi dengan menerapkan Suzuki Hygiene Commitment dan protokol kesehatan daripada Pemerintah, ” ujarnya dalam data resmi, dikutip VIVA Otomotif, Jumat 19 Juni 2020.

Baca juga:   Meski Lama, Cara Ini Ampuh untuk Menyelia Bodi Mobil Bekas Incaran

Jika melihat data, SIM mencatat pertumbuhan positif melalui ekspor kendaraan Completely Built Up (CBU). Di dalam periode Januari- Mei 2020, ekspor unit CBU diketahui meningkat 22 persen jika dibandingkan, kuru n waktu dengan sama tahun lalu.

Pada lima kamar pertama tahun ini, ekspor CBU didominasi oleh produk All New Ertiga yang mencapai 7. 880 unit. Selain itu, Carry yang merupakan produk pikap legendaris dibanding pabrikan berlogo huruf ‘S’ itu juga mencatat pengiriman ke luar negeri sebanyak 3. 339 unit.

Selain produk-produk dengan sudah dikenal lama oleh kelompok, mobil baru Suzuki XL7, serupa mulai dikirim keluar negeri. Kendaraan dengan DNA sport utility vehicle (SUV) ini berkontribusi sebanyak 2. 169 unit untuk ekspor produk Suzuki buatan lokal Tanah Air.

“Mengingat saat ini kita dihadapkan pada pandemi COVID-19, dan penurunan produktivitas dari berbagai sektor, angka ini merupakan sebuah pencapaian positif, ” tuturnya.