SUV Baru Segera Hadir di Indonesia, Lebih Murah dari Toyota Rush

Eric Lee

VIVA   –  Ada yang berbeda pada dunia otomotif Indonesia pada tarikh ini. Beberapa produsen gencar meluncurkan model sport utility vehicle atau SUV, ketimbang multi purpose vehicle .

Padahal, pangsa pasar terbesar masih dipegang oleh mobil keluarga serbaguna itu. Meski demikian, jumlah peminat SUV mulai bertambah setiap bulannya.

Hal ini tidak disia-siakan oleh pabrikan mobil asal Korea Selatan, yakni KIA untuk turut meramaikan pasar kendaraan  SUV dalam Tanah Air.

Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif di Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta, Senin 28 September 2020, KIA baru saja mendaftarkan SUV baru mereka yang sebelumnya sudah lebih dulu hadir di India.

Baca selalu:   5 Mobil Miliaran Rupiah Ini Dibuang, tapi Gak Ada yang Berani Ambil

Mobil yang dimaksud adalah KIA Sonet, yang di Daerah Hindustan ditawarkan dengan banderol tiba dari 671 ribu Rupee atau setara Rp134 juta.

KIA Sonet sedia dengan banyak sekali inspirasi dari kehidupan warga India. Contohnya, perancang mendapat inspirasi bentuk dari seekor anak gajah. Lalu, tampilan grille Tiger Nose khas pabrikan mobil asal Korea Selatan itu pula dibuat dengan pola anak nikah salah satu arsitektur kuno di negara tersebut.

Daripada data Bapenda DKI, diketahui bahwa KIA Sonet yang bakal meluncur di Indonesia hadir dalam dua varian, yakni transmisi manual serta otomatis. Mesinnya menggunakan konfigurasi 4 silinder berkapasitas 1. 500cc.

Mengenai harga, Kementerian Di Negeri menetapkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor KIA Sonet di Rp174 juta dan Rp181 juta. Jadi perbandingan, SUV Toyota Rush mempunyai angka NJKB paling rendah Rp189 juta.