Sepeda Motor Pakai Spion Mungil, Wargnet: Mendekati Kaca di Rautan SD

Eric Lee

VIVA   –  Spion menjadi komponen yang wajib terpasang di sepeda motor, untuk memantau situasi di sekitar pengendara. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pengusaha otomotif sudah merancang untuk meremehkan visual ketika berkendara.  

Pemakain spion untuk kendaraan bermotor, sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, pasal 37 ayat a dan b. Susunan tersebut mewajibkan kendaran memiliki perut spion, dan dibuat dari kaca yang memberikan pandangan ke tepi dan belakang.

Biar fungsinya penting, tak sedikit pemilik kendaraan yang mengganti spion standarnya dengan produk aftermarket. Sayangnya, kaca pemantul yang dipasang kerap bertentangan dari ukuran standar pabrikan, bahkan ada yang lebih kecil.

Salah utama contohnya ada di foto yang beredar di media sosial Instagram, diunggah oleh akun @newdramaojol. id. “Imut banget, ” demikian petunjuk gambar di unggahan tersebut, dikutip VIVA , Rabu 1 Juli 2020.

Baca juga: Mesin Ferrari F40 Dijual Tanpa Mobilnya, Harganya Wow

Gambar memperlihatkan rahasia kiri besar berbodi putih, yang diganti memakai ukuran jauh bertambah kecil daripada versi standarnya. Penggunaan spion ini tentu tidak hendak memberikan visual yang maksimal untuk pengendara.  

Foto tersebut, memancing komentar warga penghuni Instagram. “Mirip cermin yang ada di rautan budak SD, ” tulis @robiansah18 dalam unggahan tersebut.

“Orang ini optimis selalu melihat kedepan tanpa melihat sekecil masa lalu di belakang… Good job pertahnkan..!! “tulis akun Instagram @rahman_amin_nudin mengomentari unggahan tersebut. “Buat kenyal jerawat doang, ” komentar @zemmbaroktav meramaikan unggahan tersebut.