Sejak Pertama Lahir Toyota Kijang Memiliki Kembaran

Eric Lee

VIVA   –  Menyambut menutup tahun 2015, PT Toyota Astra Motor menyajikan produk andalannya dari mobil keluarga di Nusantara, yakni All New Kijang Innova. Mobil keluarga ini mengalami penyegaran hampir di semua sektor, tiba dari desain eksterior, interior, pesawat, serta penambahan fitur-fitur terbaru yang membuat tampilan lebih mewah.

Tak banyak yang cakap, Kijang ternyata sudah hadir pada Indonesia selama 43 tahun. Sungguh, Kijang pertama kali melakoni debutnya di Tanah Air sejak 1977. Dipilih nama Kijang,   buat menggambarkan kelincahan hewan bertanduk itu.

Baca serupa:   Daihatsu Gak Mau Bersemangat Jadi Nomor 1 di Nusantara

Toyota Kijang pertama kali hadir dalam bentuk pikap. Setahun kemudian, masyarakat tiba sadar akan kegunaan lain sebab Kijang, yaitu untuk mengantar anak. Sebutannya cukup unik, yaitu Kijang Buaya. Konon, julukan ini timbul lantaran saat kap mesin  dibuka, mirip dengan buaya yang sedangkan menganga.

Pada September 1981, TAM meluncurkan Kijang generasi kedua dengan bentuk lebih halus, letak engsel kemungkinan yang tersembunyi, serta kap mesin yang hanya membuka di arah atas moncong.

Cocok seperti Kijang Buaya, generasi kedua diberi nama Kijang Doyok sebab dikaitkan dengan tokoh kartun Doyok di salah satu surat kabar harian ibu kota. Setelah itu, Toyota terus mengembangkan Kijang tenggat menjadi Innova seperti sekarang tersebut.

Selain usianya dengan sudah mendekati setengah abad, fakta lain yang tidak banyak diketahui orang adalah bahwa Toyota Kijang punya kembaran sejak generasi pertama. Mobil tersebut diberi nama Toyota Tamaraw, yang namanya juga diambil dari hewan.

Dikutip VIVA Otomotif  dari Autoindustriya , Sabtu 20 Juni 2020, Tamaraw adalah sebutan untuk kerbau di Filipina. Toyota Tamaraw adalah instrumen yang diproduksi di negara tersebut, dan desainnya mirip dengan Kijang. Bahkan, mobil ini lebih dulu dijual di pasaran, yakni di dalam Desember 1976.

Tamaraw dirakit oleh Delta Motors Corporations, rekan Toyota di Filipina dengan aktif sejak 1962 hingga 1984. Adanya perbedaan pandangan politik, menyusun perusahaan ini akhirnya tutup. Tamaraw kembali diproduksi pada 1988, era Toyota resmi hadir di negara itu dengan investasi.