Raffi Ahmad Ditawari Mobil Bekas Pemimpin RI, Pajaknya Bikin Kaget

Eric Lee

VIVA   –  Popularitas Raffi Ahmad bukan cuma terkait profesinya sebagai pembawa rencana di televisi. Dia juga lumrah sebagai pehobi otomotif, dan mempunyai koleksi mobil-mobil mahal.

Dengan hobi tersebut, tak heran jika dia kerap membeli kendaraan dengan harga tak terduga. Kalau sebelumnya pria yang dijuluki jadi ‘Sultan Andara’ itu membeli mobil Mini Cooper berwarna hijau lansiran 1961 milik Andre Taulany, kini dia ditawari sedan Mercedes-Benz S600.

Mobil mewah tersebut ditawarkan oleh musisi rap Roy Ricardo. Menariknya, adik dari aktris Melaney Ricardo itu menyebut Mercedes-Benz tipe teratas itu merupakan instrumen milik Presiden RI ke-2, Soeharto.

“Lo tahu enggak mobil ini siapa yang pakai dulu? Ini mobil bekas Presiden Indonesia, Almarhum bungkus Soeharto. Biasanya orang-orang kaya mutakhir belinya mobil sport. Raffi tersebut kan orang kaya lama, cocoknya mobil klasik mewah kayak sejenis ini, ” ujarnya dalam video dengan tayang di channel KR TV di Youtube.

Baca juga:   Beredar di Medsos, Foto Driver Ojek Online Tersebut Bikin Warganet Baper

Sementara itu, Raffi Ahmad tampak menikmati uji jalan mobil mewah merek Jerman yang ditawarkan kepadanya. Meski demikian, suami dari Nagita Slavina ini masih belum menyetujui dengan penawaran harga Rp250 juta dari Roy Ricardo.

“Kemahalan bro. Tersebut gue lihat jujur ya, Rp150 juta gue ambil deh. Itu ornamennya kurang rapih. Yaudah, Rp200 juta gue bayar, tapi rapihin lagi semuanya, ” kata Raffi.

Melansir dari 100KPJ, Kamis 11 Juni 2020, mobil tersebut memakai pelat nomor B 140 BIG. Jika melihat dari laman resmi Samsat DKI Jakarta, kepimilikan mobil atas nama PT Bintang Inti Global

Masih berdasarkan sumber yang sama, terkaan nilai jual Mercedes-Benz S Class itu berkisar Rp125 juta. Pemiliknya setiap tahun harus membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) sebesar Rp2. 562. 500, dan Sumbangan Tetap Dana Kecelakaan Lalu Lintas Hidup (SWDKLLJ) Rp143 ribu.

Meski demikian, berdasarkan data Samsat,   jatuh tempo pajak mobil Mercedes Benz S600 ini jeblok pada tanggal 2 Mei 2019. Akibatnya, dikenakan denda PKB Rp615 ribu dan denda SWDKLLJ sejumlah Rp100 ribu. Jika ditotal, pemilik mobil wajib membayar pajak serta dendanya sebesar Rp3. 420. 500, agar layak dikemudikan di ulama raya.