Penjualan Mobil SUV ‘Murah’ Maret 2020, Siapa Paling Laris?

Eric Lee

VIVA   – Punya kapasitas angkut buat tujuh orang di dalam kabin, dan bisa membawa barang ketika bepergian, menjadi kriteria kendaraan yang banyak dicari oleh masyarakat. Hajat ini ternyata tak hanya ada di jenis multi purpose vehicle atau MPV.

Ya, mobil berperawakan gagah alias sport utility vehicle (SUV) juga diciptakan dengan kemahiran yang sama oleh produsen otomotif. Bonusnya, konsumen mendapat tampilan yang lebih gagah dan sporty jika membeli SUV.

Jika melihat keterangan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Nusantara atau Gaikindo, diketahui jajaran produk di segmen SUV yang dipasarkan di pasar otomotif nasional betul beragam merek dan modelnya.

Harga yang ditawarkan oleh agen pemegang tanda (APM) untuk kendaraan jenis SUV pun beragam. Ada yang berkisar Rp200 jutaan sampai Rp350 jutaan, dan tak sedikit yang berbanderol di atasnya, bahkan hampir mencapai Rp700 jutaan.

Mengucapkan juga: Toyota Siapkan Alphard serta Vellfire Edisi ‘Sultan’, Meluncur Mei 2020

Di bagian hargar Rp200 jutaan hingga Rp350 jutaan, masyarakat tak hanya bisa memilih mobil dari merek Jepang, ada juga produk-produk dari Negeri Tiongkok yang menawarkan fitur secara teknologi yang lebih canggih.

Beberapa buatan yang ada di segmen harga tersebut antara lain, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V & HR-V, DFSK Glory 560 dan 580, Wuling Almaz, serta besar pendatang baru Suzuki XL7.

Lihat Juga

Wuling Almaz

Menilisik data penjualan dari pabrik ke diler resmi (wholesales) Gaikindo pada Maret 2020, Toyota Rush menjelma produk SUV di kisaran kehormatan Rp200-Rp350 jutaan yang laris elok. Penjualannya mencapai 4. 302 bagian.

Sementara itu, keluaran kembarannya, Daihatsu Terios diketahui mencantumkan penjualan wholesales 2. 912 bagian. Kompetitornya dari merek Honda, yakni BR-V laku sebanyak 448 unit. Sementara untuk HR-V diketahui penjualannya 2. 498 unit.

Produk SUV pendatang baru daripada merek Suzuki, yakni XL7 nampaknya juga cukup berhasil menggoda konsumen Tanah Air. Berdasarkan data, pengiriman unit baru dari pabriknya ke diler-diler resmi mencapai 1. 130 unit.

Jajaran produk dari China yang menjajal peruntungannya di segmen ini nampak belum beruntung. Merek DFSK yang mengusulkan Glory 560 mencatat penjualan 36 unit, sedangkan Glory 580 cuma 6 unit. Begitu juga merek Wuling yang menjual SUV Almaz, hanya mencatat penjualan wholesales 26 unit.