Padahal Antipeluru, Kenapa Mobil Perdana Menteri Inggris Penyok

Eric Lee

VIVA   –  Mobil mewah yang dikendarai Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson penyok saat hangat keluar dari Palace of Westminster. Penyebabnya adalah adanya aksi pertunjukan, terkait operasi Turki melawan pengacau Kurdi di Irak.

Seorang demonstran yang melihat mobil dinas tersebut melintas, langsung mangkir ke tengah jalan berupaya melayani pengadangan. Mengetahui ada bahaya, sopir mobil buatan Inggris itu tepat menginjak rem, hingga kendaraan berehat mendadak.

Akibatnya, bentrokan dengan kendaraan lain tak terhindarkan. Dari foto yang beredar, tampak pintu bagasi mobil jenis isak itu penyok pada bagian atasnya. Polisi dan agen yang berjaga kemudian meringkus pria demonstran tersebut, dan rombongan melanjutkan perjalanan.

Dilansir VIVA Otomotif dari Guardian , Kamis 18 Juni 2020, mobil yang dikendarai Boris adalah Jaguar XJ Sentinel. Kendaraan ini adalah edisi khusus, yang dimensinya bertambah panjang dari XJ standar.

Baca Juga: Pemotor Jangan Pakai Objek Ini Saat New Normal

Untuk melindungi penumpangnya, mobil dibekali dengan banyak perangkat ketenteraman. Mulai dari pelat di dasar yang bisa menahan ledakan peledak, kaca antipeluru, hingga sistem koneksi berbasis satelit.

Dengan semua peralatan itu, muncul pertanyaan mengapa mobil dengan dibuat tahan dari serangan teroris itu bisa penyok?

Menurut beberapa sumber, salah satu penyebab rusaknya bagasi adalah karena dihantam oleh kendaraan lain yang sama kuatnya. Dalam video, terlihat bahwa mobil yang ada dalam belakang Jaguar itu adalah Range Rover.

Mobil tersebut adalah bagian dari rombongan, dan biasanya dikendarai oleh pengawal khusus. Sistem proteksi maksimum juga mengendap pada kendaraan buatan Land Rover tersebut, untuk melindungi agen daripada teror.

Ada juga yang mengatakan, bahwa sistem pelestarian dipasang di bagian dalam bagasi. Pintu bagasi sengaja tidak dilapisi antipeluru, demi mengurangi bobot & mengurangi efek cidera saat terjadi tabrakan.