Motor Ini Dijauhi Pedagang padahal Bukan Curian

Eric Lee

VIVA   –  Tak hanya menjual, para pedagang motor bekas lazimnya juga menerima pembelian unit sejak konsumen. Hal ini biasanya terjadi, saat ada yang hendak melaksanakan transaksi tukar tambah.

Namun, mereka akan berhati-hati di melakukan pembelian. Harga beli disesuaikan dengan kondisi unit yang ditawarkan, begitu juga soal merek mengikuti tipenya.

Kelengkapan surat-surat menjadi faktor lain, yang diperhatikan oleh pedagang motor bekas. Kalau hanya belum dibayar pajaknya, oleh sebab itu mereka masih mau menerima. Akan tetapi, apabila statusnya bodong alias minus kelengkapan dokumen, maka mereka positif menolaknya.

Sebab, motor yang tidak dilengkapi surat-surat identik dengan kendaraan buatan curian. Para pedagang tidak suka mengambil risiko, dituduh sebagai penadah oleh pihak berwajib.

Baca Juga: Beli Motor Ini, Bisa Siap Orang Spesial

Selain motor curian, ada juga pola lain yang juga dijauhi oleh mereka, yakni motor klasik. Hal itu diungkapkan oleh pemilik dier Tirta Motor di kawasan Bekasi Barat, Dul Ahmadi.

Dul mencontohkan, roda motor Honda C70 adalah salah satu model yang oleh pedagang dianggap sebagai unit dengan efek tinggi. Sebab, peminatnya tidak penuh, sehingga kemungkinan lakunya bisa lebih lama dari model lainnya.

Untuk bisa mendapatkan mesin tersebut, pembeli harus mencari ke lapak jual beli kendaraan bekas di internet, atau forum penyuka motor klasik.

“Enggak berani jual motor model begitu. Kalau yang dipajang di sini, motor-motor umum aja. Kebanyakan matik, murah. Soalnya, paling gampang dijual. Pedagang mah maunya cari tenteram aja kan, ” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari 100kpj , Selasa 2 Juni 2020.

Kendala lain era menjual motor klasik, kata Dul yakni menentukan harga jual. Pokok, tidak ada patokan pasti berapa banderolnya. Umumnya, transaksi dilakukan karena keputusan emosional, bukan nalar.

“Harganya bisa mahal seluruhnya. Kalau enggak terlalu ngerti motor lawas dan cuma mau ikut-ikutan, mending jangan. Takutnya zonk (tak pantas harapan), ” tuturnya.