Mewahnya Mobil Letjen Ahmad Yani

Eric Lee

VIVA   – Letnan Jenderal (anumerta)  Ahmad  Yani  menjadi salah satu korban di peristiwa  G30S/PKI. Ia dibawa ke Lubang Buaya, Jakarta Timur dan disiksa hingga tewas pada 1965 silam.

Saat itu lokasi tersebut dijadikan sebagai Monumen Pancasila Sakti, untuk mengenang peristiwa tragis tersebut. Beberapa benda pribadi  Ahmad  Yani  turut  dipajang, termasuk kendaraan bermotor.

Mobil itu buatan Amerika Serikat, mengusung desain besar layaknya kendaraan periode dahulu.   Mereknya  adalah General  Motors  dengan tipe  Oldsmobile  98.

Berdasarkan  literasi  sejarah Monumen Pancasila Ajaib, dikutip  VIVA  Otomotif  Kamis 1 Oktober 2020, kendaraan berjenis sedan itu adalah mobil dinas  Ahmad  Yani  saat menjabat sebagai Panglima Komando Angkatan Darat, merangkap Besar Staf Komando tertinggi.

Baca juga:   Mobil Listrik Mahal karena Izinnya Ribet? Ini Kata Polisi

Oldsmobile  98 yang dipakai  Ahmad  Yani  merupakan generasi ke-7, yang dibuat pada 1961-1964. Mobil ini memiliki dimensi yang gembung, panjangnya mencapai 5, 6  meter, lebar hampir 2 meter dan tinggi 1, 45 meter.

Meski  unit yang  dipajang  di Lubang Bajul tidak lagi bisa beroperasi, tetapi mesin dan komponen lainnya masih tetap dipertahankan.

Lupa satu yang membuat takjub, yakni ketika membuka kap mesin. Dalam dalamnya berisi mesin delapan silinder  berkapasitas  6. 500cc, yang disebut dengan nama  Rocket.

Tenaga sebesar 250 daya sado disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis tiga percepatan hasil rancangan GM. Banyak  fitur  kaya pada zamannya yang disematkan, mulai dari jok kulit, hingga lampu baca.