Mensos Juliari Batubara Pernah Punya Mobil Spesial

Eric Lee

VIVA   –  Masyarakat Indonesia dibuat terhenyak, saat Komisi Pemberantasan Manipulasi menggelar operasi tangkap tangan atau OTT pada akhir pekan awut-awutan. Salah satu tersangkanya yakni Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara.

Pria kelahiran 1972 tersebut baru satu tahun menjabat sebagai Mensos. Selain tersangka, KPK selalu menyita sejumlah uang yang diduga untuk tujuan suap, senilai Rp17 miliar.

Yang melaksanakan kaget adalah, uang tersebut terkait dengan bantuan sosial atau bansos yang dikucurkan pemerintah untuk menolong rakyat tidak mampu melewati era pandemi.

Dari setiap paket bansos, adam yang akrab disapa Ari tersebut menerima imbalan sebesar Rp10 ribu. Saat ini, tersangka sudah ditahan dan terus menjalani pemeriksaan tambahan.

Nama Ari sudah lama malang melintang di dunia otomotif. Sejak 2003 hingga 2011, ia dipercaya sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia atau IMI.

Ikatan antara Ari dan dengan kendaraan sebelumnya sudah terjalin, lantaran ia meneruskan bisnis keluarga dalam bidang produksi dan pemasaran pelumas merek Pennzoil dan Evalube.

Merek Pannzoil selalu sempat berjaya di kancah balap nasional, bahkan memiliki tim balap motor di cabang road race & motocross .

Pada 2010, merek tersebut dilepas oleh perusahaannya, PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, karena kepemilikan Pennzoil global sudah beralih ke Shell. WGI kemudian fokus pada Evalube, yang merupakan merek buatan mereka sendiri.

Nama Juliari Batubara juga melekat di dunia politik, karena ia merupakan anak buah dari mantan Menteri Cosmas Batubara. Pada 2014, Ari duduk jadi anggota di Senayan.

Dari laporan yang ia setorkan ke KPK, dikutip VIVA Otomotif Senin 7 Desember 2020, Selaput mengaku bahwa pada 2015 dia memiliki tiga unit kendaraan mewah. Salah satunya merupakan mobil spesial, karena buatan Jerman dan mendalam dalam kategori mobil sport .

Kendaraan yang dimaksud adalah Porsche 911 Carrera lansiran 2009, yang dia beli dalam kondisi bekas serta nilainya mencapai Rp1, 6 miliar. Selain itu ada juga Toyota Alphard, serta Land Rover rekaan 2008 yang sampai sekarang ia miliki.