Lonceng Motor Jadi ‘Fals’, Coba Cek Bagian-bagian Ini

Eric Lee

VIVA   –  Klakson menjadi salah satu benda yang tetap ada pada kendaraan bermotor, bagus mobil maupun sepeda motor. Komponen ini dirancang oleh pabrikan buat menghasilkan bunyi, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan oleh pengendara untuk berkomunikasi dengan pemakai jalan lainnya.

Komponen tersebut dipasang dalam area tertentu pada kendaraan, agar bunyi yang dihasilkan bisa merebak dengan baik oleh pengendara maupun pengguna jalan. Namun, seperti bagian lain pada sepeda motor, seiring usia pakai kendaraan maka kondisinya tidak akan semaksimal saat hangat keluar dari pabrik.  

Melansir dari Astramotor, Senin 3 Agustus 2020, pengendara sepeda motor mungkin pernah mengalami pandangan klakson kendaraannya tiba-tiba kecil, atau bahkan menghilang sama sekali masa sakelarnya ditekan.

Suara klakson yang mengecil, bisa jadi seperti ada yang kurang bagi sebagian pengendara. Untuk itu, berikut beberapa hal yang perlu diketahui jika bunyi yang dihasilkan klakson tiba-tiba mengecil maupun menghilang.

Baca selalu: Cristiano Ronaldo Beli Mobil Kaya Baru, Cuma Ada 10 Segmen di Bumi

Komponen ini menghasilkan bunyi setelah dialiri arus listrik yang berasal dari Aki. Jadi, kalau klakson tiba-tiba ngadat, bisa jadi merupakan pertanda bahwa aki sepeda motor mulai soak. Coba, periksa komponen ini terlebih dulu.

Penyebab bunyi klakson melemah lainnya, bergeser atau kendurnya baut platina klakson yang ada di sepeda motor, akibat getaran yang kerap terjadi dan dalam waktu yang cukup lama. Jika baut ini kendor, maka arus listrik antar metal yang ada di klakson akan terganggu.

Kerusakan bisa jadi karena metal kontraktor motor kemasukan kotoran. Lama kelamaan Kotoran ini bisa membentuk karat yang menumpuk dan mengendap, dan akan menghalangi arus listrik yang membuat klakson motor mati.

Penyebab lainnya dari bunyi klakson yang melemah, berasal dari Kawat lilitan yang rusak, terkelupas, atau bahkan putus. Selain itu, ada susunan kabel yang tidak sesuai dengan posisinya, atau mungkin kabel ada yang putus atau terkelupas.

Penyebab terakhir klakson motor yang tidak mau mengeluarkan bunyi, bisa berasal dari saklar yang sudah berkarat. Penumpukan karat ini bisa jadi karena sudah lamanya digunakan dan sering terkena air atau kotoran.