Jeep Bikin Mobil Offroad Canggih, Meluncur Sebentar Lagi

Eric Lee

VIVA   –Pabrikan otomotif terus berlomba menciptakan kendaraan ramah lingkungan. Tak hanya pada model standar, mobil-mobil kategori hobi pun bisa disematkan teknologi hybrid untuk meminimalkan emisi gas buangnya.

Cara ini seperti yang dilakukan oleh produsen mobil Jeep, yang menyiapkan generasi baru Wrangler berteknologi hybrid. Artinya, mobil tersebut memiliki mesin bakar konvensional, sekaligus motor listrik sebagai jantung penggeraknnya.

Sebagaimana diketahui, Jeep Wrangler menjadi kendaraan yang dipakai oleh pehobi untuk berpetualang di alam bebas. Mobil ini menemani perjalanan melintasi jalur pegunungan, masuk keluar hutan, bahkan jika terpaksa membelah sungai bisa dilakukan.

Sayangnya, aktivitas di alam bebas ini pun kerap disebut mengganggu karena suara menggelegar dari mesin berkapasitas besar, yang dipakai sebagai jantung penggeraknya. Dengan teknologi PHEV, suara mesin lebih senyap ketika beraktifitas offroad.

Baca juga: Mobil Offroad Merek Lamborghini Dilelang Rp3, 09 Miliar

Melansir dari Insideevs , Senin 12 Oktober 2020, kini beredar kabar Jeep Wrangler 4xe itu sudah siap diluncurkan, dalam beberapa bulan mendatang. Mobil ini menawarkan sensasi berkendara khas Jip, dengan teknologi moderen.

Prototipe Jeep Wrangler ini diinformasikan sudah diuji coba dengan pehitungan jarak 1, 5 juta mil, atau kira-kira, 2, 41 juta kilometer. Pengujian tersebut dilakukan, untuk memastikan mobil offroad moderen itu bisa bekerja dengan baik.

Di kap depan Wrangler 4xe, tetap ditanam mesin berkpasitas 2. 000cc yang bisa jadi generator untuk motor listriknya. Ada dua motor listrik yang dipakai sebagai jantung penggerk mobil, yakni yang berkekuatan 134hp, serta versi kecil dengan tenaga 44hp.

Jika ditotal, tenaga mobil offroad bisa mencapai 375hp dan torsi maksimumnya 637Newtonmeter. Jeep akan tetap mempertahankan pilihan mode penggerak roda 2WD, 4WD, dan 4WD Low, untuk memastikan kendaraan ini bisa menemani perjalanan penggunanya.