Innova Dimodifikasi untuk Bantu Basmi COVID-19

Eric Lee

VIVA   – Semua pihak saling tolong menolong, untuk membasmi virus COVID-19 yang merebak dalam Indonesia. Bantuan tidak hanya hadir dari pemerintah, namun juga kongsi swasta.

Termasuk, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM). Produsen dan agen pemegang merek mobil Toyota di Negeri itu, menyumbangkan lima unit Kijang Innova untuk membantu membawa pasien, ke Kementerian Kesehatan dan Sengkang Merah Indonesia.

Baca juga:   Warga Bodetabek Boleh Keluar Masuk Jakarta

Uniknya, mobil tersebut sudah dimodifikasi bertemu kebutuhan tim medis.     Innova versi ambulans ini dilengkapi peraduan pasien yang bisa dibawa keluar, tabung oksigen, tempat infus, kursi untuk paramedis, serta wastafel untuk mencuci tangan di dalam kabin.

Peralatan kaki lainnya juga tersedia, seperti instrumen pemadam api ringan, lampu buat menangani pasien, serta lampu sorot di bagian belakang yang mampu dimanfaatkan saat menuju area kelam.

“Kami menyadari, hajat untuk memerangi pandemi ini betul besar, dan Toyota Indonesia mau terus berupaya untuk memberikan berbagai kontribusi melalui program #ToyotaAdaUntukAnda, ” kata Presiden  Direktur TAM, Susumu Matsuda melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu 23 Mei 2020.

Selain 5 unit ambulans, Toyota Indonesia juga bekerja setara dengan PT  Serasi Autoraya buat menyediakan 68 unit mobil, dengan dipakai  menunjang mobilitas tenaga medis COVID-19 di 15 kota tumbuh di Indonesia.

Lalu, mereka juga menyalurkan 105 ribu Alat Pelindung Diri kepada PMI dan Kemenkes, yang terdiri sejak Gloves, Protection Clothes, Disposable Medical Mask, Non-Medical Mask, Medical Goggle, Medical Cap, Shoe Cover, N-95 Mask,   Face Shield, serta vitamin.

Beberapa pemasok komponen  Toyota saat ini, bekerja sepadan dengan pihak-pihak berkepentingan, terlibat di pengembangan berbagai APD, seperti medical google, flocked swab, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield .

Harapannya, kontribusi pemasok lokal Toyota akan dapat mempercepat dan memperbanyak produksi APD di dalam negeri, sehingga sanggup mendukung upaya melawan COVID-19 pada Indonesia.

“Kami berniat, dukungan ini dapat memberikan ukuran tambah serta efisiensi di bervariasi sektor, terutama bagi pihak-pihak yang berhadapan langsung dengan pandemi COVID-19, ” kata Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono.