Honda Patenkan Mobil Keren yang Disuntik Mati 3 Tahun Lalu

Eric Lee

VIVA   –  Mendaftarkan paten dari nama, desain, maaupun teknologi yang ada dalam kendaran, bukan sesuatu yang perdana bagi perusahaan otomotif. Langkah itu dilakukan, untuk menghindari risiko penjiplakan dari pihak-pihak yang tak bertanggungjawab.

Hal ini serupa yang dilakukan produsen mobil Honda, untuk produk kendaraannya CR-Z. Mobil tersebut diketahui baru saja didaftarkan oleh perusahaan asal Jepang ini, di kantor paten merek dagang di Amerika Serikat, pada 29 Juli 2020 lalu.

Jika ditelusuri lebih lanjut, pendaftaran paten CR-Z itu dilakukan Honda setelah produknya disuntik mati. Ya, pabrikan mobil berlogo huruf ‘H’ itu memang sudah tidak teristimewa memproduksi dan menjual mobil CR-Z.

Melansir dari Motor1 , Rabu 5 Agustus 2020, dalam Amerika mobil CR-Z sudah sejak 30 Juni 2017. Artinya, ada jeda waktu bagi Honda untuk secara resmi mematenkan organ berdesain futuristis itu.

Baca juga: Begini Posisi Kaki Kiri yang Benar Saat Nyetir Mobil Matik, Harus Tahu

Pendaftaran ini tentu sekadar mengusik rasa penasaran para fansnya. Sebab, ada jeda waktu dengan panjang setelah mobil berhenti penerapan dan tidak lagi dipasarkan, namun didapati baru mendaftarkan patennya secara resmi.

Selain itu, pencarian dari basis data merek dagang internasional yang lain, tidak memperlihatkan bahwa merek Honda pernah mengajukan permohonan paten untuk mobil bernama CR-Z sebelumnya.

Diketahui CR-Z merupakan mobil hybrid , dengan mengkombinasikan mesin bensin 1. 500cc dengan motor listrik sebagai penggeraknya. Honda memasarkan mobil dengan desain khas ini di berbagai negara di dunia, termasuk di Nusantara.