Honda Jawab Tantangan Ninja 250 Empat Silinder, Pakai CBR250RR Baru

Eric Lee

VIVA â€“ Segmen sepeda motor sport bermesin 250cc sedang ramai dibicarakan masyarakat. Sebab, PT Kawasaki Motor Indonesia beberapa waktu lalu secara meluncurkan produk baru bernama ZX-25R, yang berbeda dengan produk sebelumnya.

Kawasaki Ninja ZX-25R memiliki tampilan yang lebih sporty, serta didukung dengan mesin empat silinder segaris sebagai jantung penggeraknya. Untuk menebus motor ini, pembelinya harus merogoh kocek Rp96 juta untuk model standar, dan Rp112,9 juta untuk tipe SE on the road Jakarta.

Hadirnya Ninja 250 empat silinder tentunya menjadikan persaingan kian ketat. Untuk menjawab kebutuhan pelanggan di segmen yang sama, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan produk sepeda motor sport CBR250RR SP Quick Shifter.

“Honda CBR250RR SP Quick Shifter merupakan upaya AHM dalam mewujudkan mimpi para pecinta motor supersport yang menginginkan performa agresif dan kencang layaknya motor balap,” demikian seperti siaran pers yang dikutip VIVA Otomotif, Jumat 24 Juli 2020.

Baca juga: Berbanderol ‘Selangit’, Ternyata Begini Repotnya Membeli Mobil Bugatti

CBR250RR SP Quick Shifter dibekali mesin 250cc dua silinder yang menghasilkan tenaga maksimal 41 PS pada putaran mesin 13.000 rpm dan torsi maksimum 25 Nm di 11.000 rpm. Motor ini hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 200m dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 172 km/jam.

Penyematan fitur Quick Shifter pada motor ini diklaim mengoptimalkan perpindahan gigi, sehingga mengurangi risiko motor kehilangan tenaga saat berakselerasi. Penggantian gigi bisa dilakukan tanpa menarik tuas kopling, sehingga pengedara lebih fokus dalam memacu kendaraannya.

Selain Quick Shifter, pada CBR250RR baru ini disematkan pula Assist/Slipper Clutch yang berfungsi untuk mencegah ban belakang selip ketika pengendara melakukan engine brake dengan cara melakukan penurunan gigi secara ekstrim.

Ada tiga pilihan warna dan striping pada Honda CBR250RR SP Quick Shifter, yakni Bravery Red Black, Honda Racing Red dan juga Special Edition Garuda x Samurai. Banderol untuk menebus motor berwarna Bravery Red Black dan Racing Red, Rp76,7 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Sementara warna edisi Garuda x Samurai akan dijadikan sebagai pilihan warna spesial untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Harga untuk pilihan warna spesial ini akan diumumkan segera oleh AHM.