Dua Mobil Daihatsu Kuasai Pasar Nusantara

Eric Lee

VIVA   –  Pasar otomotif Indonesia masuk ke dalam tahap pemulihan, pasca anjlok akibat aliran dari adanya pandemi beberapa bulan lalu. Berdasarkan data Gabungan Pabrik Kendaraan Bermotor Indonesia, angka pemasaran berangsur membaik.

Dalam September tahun ini, total instrumen bermotor roda empat atau lebih yang dikirim dari pabrik ke diler mencapai 43. 362 bagian, naik 15, 2 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat 37. 655 unit.

Hal senada juga terlihat pada pengiriman dari pabrik ke diler. Para penjual tampak percaya diri menyetok unit, di mana pada September angkanya sebanyak 48. 554 bagian atau naik 30, 2 komisi dari Agustus.

Dari daftar kendaraan dengan dijual, ada dua model sandaran PT Astra Daihatsu Motor dengan menguasai pasar masing-masing.

Baca juga:   Suzuki Kuasai Podium MotoGP, Mari Intip Harga Motornya

Berdasarkan data dari ADM, dikutip VIVA Otomotif Senin 19 Oktober 2020, Daihatsu Sigra menjadi ragam terlaris di segmen low cost    tiga baris pada bulan ke-9 tarikh ini. Angkanya tercatat 1. 778 unit, unggul delapan unit dari Toyota Calya yang menduduki kondisi dua.

Mobil Daihatsu lainnya yang menjadi penguasa pasar semi bonnet di dalam September 2020, adalah Daihatsu Gran Max Minibus, yang laku sebesar 848 unit. Satu-satunya persaingan datang dari Wuling Formo, yang dalam periode tersebut cuma terjual 33 unit.

Jika dihitung pada periode Januari hingga September, tahun ini Daihatsu Sigra tersedia di posisi dua dengan 19. 918 unit. Sementara, Daihatsu Gran Max Minibus tetap memimpin dengan 7. 286 unit.

“Penjualan Daihatsu hingga kuartal 3 September 2020 masih mencatatkan hasil positif. Kami berharap kondisi pemasaran ini dan daya beli bisa terus membaik, di tengah kegiatan masyarakat yang masih menerapkan adat kesehatan, ” ujar Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso.

Daihatsu Sigra