Canggihnya Transmisi Matik Mobil Pesaing Avanza

Eric Lee

VIVA   –  Sudah belasan tahun Toyota Avanza memimpin pasar penjualan mobil jenis low multi purpose vehicle ataupun MPV. Kendaraan berkapasitas tujuh karakter ini diminati banyak orang, karena dianggap multifungsi, praktis dan bea perawatannya cukup terjangkau.

Untuk bisa menyaingi hal tersebut, bukan perkara yang mudah. Penuh pabrikan mencobanya, dan hanya kurang yang berhasil mendekati prestasi mobil sejuta umat tersebut.

Upaya terbaru datang dari pabrikan mobil asal Prancis, yakni Renault dengan produk andalan mereka Renault Triber. Kendaraan yang didatangkan dengan utuh dari India ini, menawarkan beberapa fitur yang tidak ada di Avanza.

Salah satunya, jenis gigi yang digunakan. Sebelumnya, Renault Triber yang dijual di Indonesia hanya tersedia dalam varian manual. Akan tetapi sejak bulan ini, PT Maxindo Renault Indonesia menawarkan versi gigi otomatis.

Mengucapkan juga:   Polisi akan Pantau Kendaraan yang Melaju Terlalu Rendah

Berdasarkan bahan resmi MRI, dikutip VIVA Otomotif Jumat 16 Oktober 2020, macam transmisi matik Renault Triber lebih canggih dari Avanza, karena tersedia fitur triptonic yang memungkinkan pengemudi mengubah gigi transmisi melalui sentuhan pada tombol.

Umumnya, teknologi ini disematkan hanya di mobil yang dibanderol Rp300 juta ke atas, termasuk selalu sebagian besar supercar .

Tak hanya itu, Renault Triber juga dibekali fitur ultra modular yang memungkinkan konfigurasi tiga tempat duduk diubah menjadi hanya dua, dengan opsi mencapai 100 kombinasi.

Fitur canggih lainnya dari mobil yang dijual dengan banderol pada bawah Rp200 juta ini antara lain keyless entry berbentuk kartu, tombol Start/Stop, Pengaturan ketinggian lampu utama, serta sistem hiburan dengan 6 speaker.