Bus Listrik Diuji Jalan Selama 3 Bulan, Ternyata Ini Gunanya

Eric Lee

VIVA   –  Tak hanya untuk pemakaian karakter, kendaraan listrik pun kini dimanfaatkan sebagai armada angkutan umum dalam Jakarta. Selain taksi, warga kini bisa melakukan perjalanan memakai bus listrik yang kini dioperasikan oleh PT Transjakarta.

Bus listrik yang dipakai adalah keluaran dari BYD, seri C6 serta K9. Kedua kendaraan ramah lingkungan tersebut, akan melayani warga selama 3 bulan ke depan, daripada rute Balai Kota menuju Kelompok M, atau sebaliknya.

Direktur Utama PT Bakrie Autoparts, Dino Ahmad Riyandi mengatakan, pihaknya merasa bangga lantaran bus elektrik BYD dipercaya oleh Transjakarta buat diuji coba di jalur komersial  yang biasa dipakai untuk melayani warga.

“Bus ini telah dioperasikan di lebih dari 50 negara dalam dunia dan menjadi satu-satunya bus listrik yang telah sukses meninggalkan registrasi dan proses homologasi di Indonesia, ” ujarnya saat peresmian uji coba di Jakarta, Senin 6 Juli 2020.

Baca juga: Mulai Diuji Jika, Berapa Sih Tarif Bus Elektrik Transjakarta?

Dino mengutarakan, dengan diuji coba secara tepat untuk operasional Transjakarta, maka bakal diketahui kualitas dan performa bus tanpa emisi gas buang itu. Sehingga, pada saatnya nanti, bus listrik bisa dipakai untuk armada angkutan di Ibu Kota.

Meski begitu, dia tak menampik, bahwa butuh waktu untuk beralih dari organ konvensional ke model kendaraan ramah lingkungan. Dino  menyebut, uji coba di jalur resmi Transjakarta bisa menjadi acuan untuk mempersiapkan & mempelajari teknologi pada bus secara penggerak motor listrik tersebut.

“Cara terbaik untuk memahami sebuah teknologi temtunya dalah secara melakukan serangkaian uji coba. Ini  dilakukan secara langsung dan transparan di lapangan, pada akhirnya melaksanakan lebih mengenal kemampuan dan istimewa dari teknologi baru ini, ” paparnya.