Bisa Dikemudikan di Laut, Ferrari Tanda Ini Dijual Rp176 Miliar

Eric Lee

VIVA   –Nama Ferrari, dikenal masyarakat dunia jadi merek mobil mewah dan kencang. Jajaran produknya otomotif asal Italia ini pun beragam, mulai dari yang bergaya klasik, sampai model terbaru untuk dikemudikan di lintasan balap.

Mungkin belum banyak yang tahu, kalau pada era 1950-an, ada produk dibanding pabrikan berlogo ‘Kuda Jingkrak’ itu wujudnya berupa kapal cepat ( thunder boat ) untuk berkompetisi di lautan. Namanya adalah Ferrari Arno XI, dengan diproduksi pada 1952.

Seperti produk mobilnya, kendaraan laut itu dibuat untuk mengejar rekor dunia untuk kecepatan di posisi 800 kilogram. Produk Ferrari Arno XI sendiri, merupakan hasil kolaborasi pembalap speed boat Achille Castoldi, dengan Enzo Ferrari.

Melansir dari Carscoops , Kamis 8 Oktober 2020, awalnya Castoldi membeli pesawat V12 berkapasitas 4. 500cc sejak Ferrari 375 untuk disematkan pada thunder boat-nya. Ide ini kemudian mendapat dukungan dari Enzo Ferrari yang langsung memodifikasi mesin itu.

Baca juga: Pekerja Indonesia Lagi Berjuang, di China Malah Dikasih Mobil Baru

Mesin tersebut dimodifikasi secara rasio kompresi baru, percikan ganda. colokan untuk setiap silinder, serta dua supercharger besar. Hasilnya, jantung aktivis itu mampu menyemburkan tenaga datang dengan 600 tenaga kuda, serta siap dipakai berkompetisi.

Untuk bagian eksterior, memiliki desain seperti ikan Hiu, dengan laburan cat merah yang identik dengan produk Ferrari. Periode bawah bodinya, terlihat memakai sasaran kayu keras yang telah dilapisi dengan veneer mahoni, untuk bandul dan menyempurnakan penampilannya.

Ferrari Arno XI tidak cuma terlihat keren, bentuk aerodinamisnya membuatnya bisa melaju sampai kecepatan 242 km/jam di atas permukaan cairan. Kini, kapal cepat tersebut sudah selesai direstorasi dan disertifikasi oleh Ferrari Classiche.

Tidak heran jika namanya masuk daftar kendaraan unik yang dijual oleh duPont Registry. Untuk menebusnya, konsumen dan penggemar Ferrari harus menyiapkan dana USD12 juta, atau jika dikonversi setara Rp176, 6 milar.