Bila Joe Biden Menang, Industri Otomotif Dunia Bakal Berubah

Eric Lee

VIVA   –  Perjuangan Joe  Biden  menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46 baru setengah ustaz. Saat ini surat suara sedang dalam proses perhitungan, dan mantan  wapres  era  Barack  Obama  tersebut sedikit lebih unggul dari lawannya.

Apabila  Biden  menang, banyak pihak  memprediksi  hal itu akan mengubah industri  otomotif  negeri. Sebab, AS menjadi rumah bagi beberapa merek kendaraan yang dipasarkan ke seluruh penjuru dunia.

AS juga menjadi rekan yang menggiurkan bagi para pembuat kendaraan asal Eropa dan Jepang, yang sebagian memiliki pabrik  perakitan  di  China. Sayangnya, harga berniaga menjadi lebih mahal ketika muncul di Negara Paman Sam, sebab adanya tarif impor khusus.

Dilansir  VIVA  Otomotif  dari  Hindustantimes , Kamis 5 November 2020,   Biden  mengaku akan mengevaluasi bayaran khusus untuk produk buatan  China  itu.

Hal itu diharapkan bisa meredam hubungan kedua negara yang semakin memanas, & membantu  pabrikan  untuk memproduksi mengikuti menjual kendaraan dengan harga yang lebih kompetitif.

Perwakilan dari Partai Demokrat yang mengusung  Biden  pernah mengatakan, bahwa jika  jagoannya  menang maka pemerintah AS akan fokus mengurangi pencemaran udara sebanyak 6 persen, jauh bertambah banyak dari 1, 5 komisi yang diusulkan oleh pemerintahan  Donald  Trump.

Meski  Biden  dikenal sebagai penggemar mobil klasik, namun ia betul mendukung teknologi maju. Bahkan, dia berjanji jika terpilih akan menaikkan anggaran untuk pengembangan kendaraan elektrik di AS.

Tidak hanya itu, baik produsen maupun konsumen juga dijanjikan mendapat insentif khusus terkait kendaraan ramah dunia tersebut.

Baca Juga:   Beli Mobil Bekas Ini Enggak Perlu Tukar Bea Balik Nama