Belum Banyak yang Tahu, Ini Cara Urus Garansi Mobil Baru dalam Diler

Eric Lee

VIVA   –  Meski biaya yang dikeluarkan lebih banyak, pembelian mobil baru biasa memiliki keunggulan sebab kondisi kendaraannya terjamin. Selain itu, kelengkapan seperti buku manual, kunci servis, kunci cadangan, hingga perangkat toolkit berupa dongkrak dan yang lain pun tersedia.

Pabrikan otomotif juga kerap menyertai garansi, guna memastikan produknya laik dimiliki masyarakat. Garansi yang diberikan meliputi perawatan berkala dalam kurun waktu atau jarak tertentu, dan mampu berbeda-beda antar merek mobilnya.  

Selain itu, ada juga jaminan untuk komponen-komponen dengan ada di kendaraan. Petunjuknya, umum ada di buku manual petunjuk pemakaian kendaraan, ataupun buku jasa yang diberikan bersamaan dengan transmisi unitnya.

Saat sudah memakai kendaraannya, ada saja pemilik yang merasa bingung buat mengurus jaminan dari pabrikan, ketika mengalami kendala. PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi mengatakan, untuk merek DFSK pengajuan garansi tidaklah repot buat dilakukan pelanggan.

Pemilik mobil, kata dia, cukup membawa kendaraannya ke bengkel resmi DFSK terdekat, dengan membawa serta kartu identitas diri, STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan buku perawatan mobil yang di dalamnya terdapat surat-surat terkait garansinya. Ini serupa menjadi salah satu bentuk layanan, terhadap konsumen di Indonesia sebab merek baru itu.

“Jadi konsumen tidak perlu segan untuk datang memeriksakan kendaraannya di bengkel resmi, dan apabila diketahui ada kesalahan produksi maka garansi ini siap untuk melindungi, ” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip VIVA Otomotif , Minggu 13 Desember 2020.

Terkait keluaran DFSK di Indonesia, kata dia, Sokonindo Automobile memberikan garansi 7 Tahun atau 150. 000 kilometer (mana yang tercapai lebih dahulu), untuk jajaran produk di Nusantara, mulai dari Glory 580,   Glory 560, dan mobil SUV terbarunya Glory i-Auto.

“DFSK sengaja menghadirkan garansi tersebut untuk membuktikan sekaligus menjamin kendaraan-kendaraan yang diproduksi memang benar-benar berkualitas dan mendapatkan jaminan kualitas, ” paparnya.