Auto2000 Digiroom Lebih dari Sekadar Jualan Mobil

Eric Lee

VIVA   – Para-para pengguna setia mobil Toyota positif sudah akrab dengan nama Auto2000. Perusahaan yang bergerak dalam bidang  penjualan, perawatan, perbaikan, dan logistik suku cadang ini sudah berfungsi di Indonesia sejak 1975.

Kala itu, mereka sedang menggunakan nama  Astra Motor Sales,   baru pada  1989 berganti nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang  ditangani sepenuhnya oleh PT  Astra International Tbk.

Selama 45 tahun,   Auto2000  sangat memahami apa kebutuhan sebab konsumen di Tanah Air. Mulai dari kemudahan dalam mendapatkan servis perawatan berkala, tukar tambah kendaraan hingga jenis suku cadang atau onderdil yang dibutuhkan.

Photo:

  • VIVA/Pius Mali

Operation Manager  Jawa Timur Plus Area  PT Astra International Tbk – Toyota Sales Operation, Ardian Nur kira-kira waktu lalu pernah mengatakan, bahwa ada satu kebiasaan orang Indonesia yang cukup unik, yakni substitusi mobil setiap 3-4 tahun.

“Ada yang tiga, ada yang empat tahun. Jika dirata-rata, ya kurang lebih tiga tarikh.   Biasanya, mereka kalau sudah lunas langsung ganti mobil. Tersebut rata-rata 80 persen, ” perkataan pria yang pernah menjabat sebagai  Operation Manager DKI II Auto2000  tersebut.

Dengan model tersebut, maka perusahaan harus selalu  update   menghantam tren dan apa saja dengan dibutuhkan oleh konsumen mereka. Tercatat, saat pandemi melanda di tarikh ini.

Berbagai macam penghargaan yang diraih sejak 2006, seperti  Indonesian Service Quality Award,   Indonesia Best Brand Awards dan Toyota Awards, menunjukkan bagaimana Auto2000 benar-benar mendaulat pelanggan sebagai fokus utama servis mereka.

Hal tersebut juga terlihat dari hadirnya Auto2000  Digiroom, yakni sebuah platform digital yang bisa dimanfaatkan oleh para pelanggan untuk mengakses semua servis yang disediakan oleh perusahaan. Servis ini diperkenalkan pertama kali pada Maret 2020.

“Kemudahan dan kenyamanan bertransaksi dan menikmati layanan secara online, menjadi kebutuhan utama konsumen di Indonesia. Dari perspektif inilah, Auto2000 melakukan perbaikan untuk tetap memberikan kemudahan pada pelanggan, ” ujar Chief Executive Auto2000,   Martogi Siahaan, dikutip  VIVA Otomotif   Sabtu 12 Desember 2020.

Perusahaan mengubah tidak hanya tampilan, tetapi juga menambahkan fitur  ala marketplace  yang disediakan di laman  www.auto2000.co.id. Jadi, pengunjung bisa mengaduk-aduk apa yang dibutuhkan dengan gampang,   sama seperti saat mereka datang ke diler. Termasuk, memesan jadwal  test drive.

Beberapa fitur dengan tersedia seperti  pembelian kendaraan baru, layanan perawatan berkala maupun jasa, pembelian suku cadang, aksesori, & juga tukar tambah melalui kegiatan sama dengan Astra Auto Trust. Ada juga asisten virtual Tasia, yang bisa membantu semua keinginan pelanggan.

Pelanggan juga tidak perlu repot datang ke bengkel untuk melakukan perawatan & perbaikan. Sebab, sejak beberapa tarikh lalu diler Toyota terbesar dalam Indonesia ini  sudah memiliki bala THS –  Auto2000 Home Service,   dengan jumlah  lebih sebab 5 ribu unit di segenap Indonesia.

“Lebih tepat pakai layanan  home service, tidak perlu datang lagi ke bengkel. Ada kemudahan pengingat juga,   jadi enggak pernah terlewat waktu servisnya, ” tutur salah satu pengguna pertolongan Auto2000 Home Service,   Achmad Nurrakhman.

Layanan tersebut juga mampu didapatkan pelanggan melalui aplikasi  smartphone   Auto2000 Mobile. Selain melihat status perawatan serta perbaikan unit, konsumen juga bisa memanfaatkan fitur simulasi perhitungan pembiayaan  untuk pembelian unit baru.

Terakhir dan tidak tersisih penting, yakni adanya jasa pemeriksaan bodi dan pengecatan yang bisa menangani  kerusakan ringan, sedang  tenggat berat. Auto2000 Bodi dan  Cat juga menyediakan layanan super lekas, yaitu Express Bodi dan  Cat yang hanya membutuhkan waktu 8 jam  atau One Day Service .