Ada yang Menarik saat Motor Honda Dilelang

Eric Lee

VIVA   –  Banyak orang masih ragu untuk membeli kendaraan dalam acara lelang. Hal itu wajar, mengingat dibutuhkan kejelian dan pengetahuan yang luas tentang dunia otomotif untuk bisa mendapatkan unit dengan sesuai harapan.

Meski dibuka untuk perorangan, namun Operation Head PT Balai Lelang Astra Natra Jaya (Auksi), Bady Qadarsyah mengaku bahwa saat ini pesertanya masih banyak dari kalangan penyalur.

“Memang saya menghargai, pedagang masih mendominasi lelang, & ini menjadi pekerjaan rumah untuk kami. Apalagi, persepsi barang lelang bukan barang yang mulus, tersebut terus kami kampanyekan kepada masyarakat luas, ” ujarnya saat konvensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Kamis 13 Agustus 2020.

Bady menjelaskan, lupa satu yang menjadi kekurangan dari acara lelang itu adalah kedudukan unit yang dijual apa adanya. Kendaraan yang dilelang tidak mendapat perbaikan terlebih dahulu, dan kaum juga bisa dijual dalam kondisi pajak mati.

“Auksi tidak bisa membantu bila iklim pajak kendaraan sudah mati, seluruh tempat lelang juga demikian. Tetapi, kami bisa menginformasikan biro pertolongan untuk memperpanjang pajak tersebut. Dengan terpenting, unit yang dijual kudu memliki BPKB asli, ” tuturnya.

Baca Pula: Pedagang Nakal Susah Beli Mobil Lelangan

Mengenai kondisi yang tidak sesuai standar, Bady mengaku bahwa hal itu tidak bisa dihindari karena prosedur lelang telah masuk dalam koridor Undang-Undang yang berlaku. Artinya, penjual berhak mengusulkan unit dalam kondisi apa adanya.

Terkait unit dengan dijual, Bady mengaku ada satu keunikan ketika dilakukan lelang buat kendaraan bermotor roda dua. Menurutnya, ada satu merek yang tetap laku terjual ketika lelang digelar.

“Saat ini hanya ada dua merek, Honda & Yamaha. Satu diantara kelebihan Honda, di semua tipenya laku terjual, bagaikan BeAT, Vario dan PCX. Namun untuk Yamaha, hanya tipe-tipe tertentu saja yang laku, seerti NMax, ” jelasnya.