Ada Kabar Baik untuk Pemilik Mobil Suzuki yang Masih Garansi

Eric Lee

VIVA   –  Meski sudah dirancang dengan secermat mungkin, namun bukan berarti produk kendaraan yang baru saja dibuat bebas dari masalah. Bisa sekadar ada komponen yang bekerja tidak sebagaimana mestinya, meski jumlahnya  tak banyak.

Itu sebabnya, setiap pabrikan memberikan jaminan di bentuk garansi. Tidak semua bagian mobil mendapatkan fasilitas ini, biasanya hanya komponen mesin dan gigi saja. Masa berlakunya berbeda-beda, ada yang lima tahun, namun tersedia juga yang berani memberi hingga tujuh tahun.

Cakap soal garansi, ada kabar indah untuk para pemilik kendaraan dalam Indonesia yang diproduksi oleh Suzuki. 4W, 2W & Marine Service Director PT Suzuki Indomobil Sales, Riecky Patrayudha mengatakan bahwa perusahaannya memberi tambahan masa garansi mematok 90 hari.

Menurut Riecky, hal tersebut dilakukan karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia. Selama kurang lebih tiga bulan, sebagian kelompok di Negeri tidak bisa mengunjungi bengkel resmi karena adanya pemisahan sosial berskala besar.

Baca Juga: Beli Spare Part Suzuki Online, Pasangnya Di Mana?

Akibatnya, mobil Suzuki yang mereka miliki tidak bisa mendapatkan layanan servis secara maksimal. Meskipun SIS menyediakan layanan home service, tetapi mereka tidak bisa melakukan itu di wilayah yang ditetapkan jadi zona merah.

“Selama pandemi, ada peristiwa menarik yang terjadi. Perubahan dibanding konsumen yang datang ke bengkel menjadi home service. Tetapi kalau berada di zona merah, saya tidak bisa dilakukan, walau konsumen telah meminta, ” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Jumat 10 Juli 2020.

Selain menawarkan bantuan home service dan pick up service, Reicky mengaku bahwa perusahaannya juga melakukan peningkatan kualitas dalam layanan servis. Mulai dari penggandaan masa garansi, hingga memperpanjang era servis gratis selama 60 hari.

“Home service buat perawatan berkala di 10-20 ribu kilometer. Sedangkan, yang di akan itu harus datang ke bengkel karena membutuhkan peralatan lebih penuh dan faktor keamanan. Pick up service ditujukan pada perawatan berkala 30 ribu dan 40 seperseribu kilometer, ” tuturnya.